by

Inilah Mobil SUV Terbaik..!! SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil Suv Terbaik – Saat ini, mobil terdiri dari berbagai macam jenis. Ada istilah-istilah baru untuk menamai tipe, atau jenis mobil tersebut. Di antaranya adalah mobil SUV (Sport Utility Vehicle) Multi Purpose Vehiclehatchback, serta city car.

Mobil jenis SUV, menurut fungsinya mampu melewati berbagai medan, baik itu off-roadmaupun on-road. SUV bisa saja didesain untuk membawa muatan barang, atau penumpang. Mobil ini dituntut tangguh untuk mampu melampaui segala jenis medan. Kapasitas bagasinya cukup luas, dan bisa menampung cukup banyak penumpang, bisa tujuh, atau delapan orang. Satu keunggulan lainnya, SUV juga nyaman untuk dikendarai.

SUV merupakan gabungan Jeep, pikap dan sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

suv terbaik

Contoh mobil berjenis SUV terbaik Fortuner.

SUV (Sport Utility Vehicle)

Secara konsep, SUV bisa dibilang merupakan gabungan antara jip, pikap, dan sedan. SUV dilahirkan sebagai kendaraan yang mampu melahap berbagai macam medan off-road dan on-road. Karakter jip yang kuat dan macho untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan ditanamkan pada SUV sehingga memberikannya desain body yang kokoh dan tampak garang. Banyak SUV yang beredar di Indonesia, telah diuji di berbagai medan ekstrim pegunungan tanah air.

Selain kuat di semua medan, SUV ini juga memiliki karakteristik sedan untuk transportasi penumpang. Kapasitas 4 orang duduk dengan kenyamanan mengemudi sebanyak mungkin dengan sedan adalah fitur lain dari SUV Indonesia. Baru-baru ini, SUV 7-kursi telah dirancang agar lebih mudah beradaptasi dan menarik bagi konsumen yang tidak menyukai minivan tetapi lebih suka melakukan banyak hal untuk beralih ke SUV.

SUV juga didesain agar mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak. Kursi bagian belakang pun ada yang bisa dilipat jika mobil ingin digunakan untuk membawa barang lebih banyak lagi. Pada mode ini, SUV bisa mengakomodir kebutuhan pikap kecil jika diperlukan.

Walaupun sebenarnya perbedaan antara MPV dan SUV cukup jelas, namun rupanya masih banyak juga masyarakat awam yang kadang terkecoh dan salah mengenali kedua mobil tersebut. Bukan tanpa sebab jika banyak masyarakat awam yang salah mengira, sebab beberapa spesifikasi elemen atau bagian mobil dari MPV dan SUV tersebut yang seharusnya berbeda, kini hampir sama. Berikut beberapa bagian yang kadang salah dikenali.

Salah satu ciri khas SUV adalah ban cadangan yang diletakkan di punggung belakang mobil. Penempatan khas ini kini mulai ditinggalkan karena konsumen masa kini lebih menyukai desain yang ringkas dan elegan. Karena itu, beberapa SUV menghilangkan penempatan ban cadangan di belakang mobil. Desain anyar seperti ini kerap membingungkan konsumen. Sekarang tidak mudah untuk menunjuk SUV ketika Anda melihatnya untuk pertama kalinya.

Perbedaan antara minivan dan SUV modern yang lebih tipis tidak dapat dipisahkan dari popularitas SUV terbaru, yang semakin populer akhir-akhir ini. Tapi bagaimanapun, penggemar SUV akan selalu memahami mobil yang mereka sukai. Memang, SUV terbaru memiliki banyak keuntungan bagi konsumen yang sangat lezat.

oyota Fortuner, Sport Utiliity Vehicle (SUV) yang pertama kali diperkenalkan Toyota pada 2005 dan menjadi rival Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini dibuat berdasar platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), platform yang juga digunakan Toyota untuk memproduksi Hilux serta Kijang Innova.

Dalam pemasarannya terbagi menjadi enam varian yaitu SRZ (bensin), G, A/T, G M/T, G A/T 4×4, VRZ A/T 4×2, dan tertinggi VRZ 4×4 A/T.  Toyota Fortuner di Indonesia dijual dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Toyota Fortuner bensin memakai mesin berkapasitas 2,7 liter sedangkan Fortuner diesel memakai mesin berkapasitas 2,4 liter. 

Bisa dikatakan Fortuner jadi tulang punggung penjualan Toyota di segmen SUV. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur dan teknologi. Fortuner juga ternyata memiliki beberapa keunikan yang tak dimiliki pesaingnya.

Toyota Fortuner, Sport Utiliity Vehicle (SUV) yang pertama kali diperkenalkan Toyota pada 2005 dan menjadi rival Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini dibuat berdasar platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), platform yang juga digunakan Toyota untuk memproduksi Hilux serta Kijang Innova.

Dalam pemasarannya terbagi menjadi enam varian yaitu SRZ (bensin), G, A/T, G M/T, G A/T 4×4, VRZ A/T 4×2, dan tertinggi VRZ 4×4 A/T.  Toyota Fortuner di Indonesia dijual dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Toyota Fortuner bensin memakai mesin berkapasitas 2,7 liter sedangkan Fortuner diesel memakai mesin berkapasitas 2,4 liter. 

Bisa dikatakan Fortuner jadi tulang punggung penjualan Toyota di segmen SUV. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur dan teknologi. Fortuner juga ternyata memiliki beberapa keunikan yang tak dimiliki pesaingnya.

Selain itu, Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Dari data yang diberikan PT TMMIN, pada kuartal pertama tahun ini sudah melakukan ekspor kendaraan utuh sebanyak 49.300 unit. Angka ini meningkat dibanding periode sama di 2016 yang hanya 34.700. Bahkan, bila dilihat dari data Gaikindo, angka ekspor Fortuner bisa dikatakan lebih besar dibanding jumlah penjualan dalam negeri. Pada periode kuartal pertama atau Januari hingga Maret, penjualan Fortuner di dalam negeri hanya mencapai 5.019 unit. Angak ini jauh bila dibanding jumlah ekspor yang mencapai 16.600 unit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed